PENDIDIKAN DOGIYAI
MULAI JATUH DI MATA DANA PENDIDIKAN
Saya
mengangkat judul tersebut itu karena dngan melihat kenyataan yang ada di
pedalaman Papua Kabupaten Dogiyai. Nampak bahwa kesempatan peserta didik untuk mendapatkan pelajaran yang berkualitas dari guru-guru yang
fropesional belum terealiasi. Hal ini tidak terlepas dari rangkaian
permasalahan yang dihadapi pendidikan pedalaman seperti tenaga guru yang minim
dalam hal kualitas dan kuantitas,sarana dan prasaranan yang jauh dari harapan.
Dana Pendidikan bukan membiayai pendidikan
melainkan mematikan kualitas pendidikan. Karena adanya dana bantuan
pendidikan, maka Ibu Bapak Guru
honolarium serta Staf Guru membuat mereka menjadi berbilah memila-mila. Ibu Bapak Guru baik Honoler maupun Staf
dulunya mereka begitu mengabdi dengan sesungguh hati, di sekolah dimana dia di
tempatkan; tetapi hanya adanya dana pendidikan, maka akhirnya jadi berbilah
memila-mila hanya karena ulahnya pemimpin serta jajaran pemimpinya di tiap-tiap
senjang pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Mengenah Aatas.
Ada
beberapa pendidikan Dasar yang ada wilayah Sukikai Selatan, Mapia, dan Moanemani, serta Idakebo, yang saat ini
ada dibawah ketiaknya Pemkab Dogiyai
menjadi kevakuman dalam hal sarana prasarananya. Karena jatuhnya pendidikan Kabupaten Dogiyai
di mata dana-dana bantuan pendidikan, dalam hal itu, disini artian bahwa bukan
dana pendidikannya yang salah berfaedahkan, melainkan fidusianya dalam otoritas
untuk memegang dananya yang membuat kevakuman dalam mulai pendidikan dasar hingga pendidikan mengenah atas
Kepala-kepala
sekolah yang ada di tiap-tiap sekolah di seluruh Kabupaten Dogiyai itu, jangan tutup mata dan memandang pendidikan
hanya sebelah mata saja, melainkan
membuka mata dengan normal dan untuk memperhatikan dengan sesungguhnya, demi
kualitas pembangunan pendidikan. Sarana
prasarana yang perlu harus diutamakan adalah seperti , Kasih naikan gaji atau
upah bagi para tenaga pengar; supaya mereka mengajar dengan betul-betul
mengabdi; Memberikan lahan bagi para
tenaga pengajar, supaya mereka bisa menanam suatu tanaman lokasi yang akan
diberikannya; Perlu mengediakan fasilitas sekolah di tiap-tiap sekolah,
misalnya aset kompute, waifi, internet karena era ini, adalah era dunia maya,
sehingga anak-anak yang ada di bangku
SD, SMP, dan SMA, mereka bisa belajar disitu;
Setiap sekolah di haruskan berpola Asrama baik putra maupun putri; agar mereka ninap belajar disitu; Setiap sekolah perlu diharuskan Bis Sekolah
titik pusatkan di ibu kota Distrik Mapia dan juga Moanemani serta sekitar
Moanemani Ibu kota Distrik Kabupaten Dogiyai.
Agar
pelajar dari Distrik Mapiha serta sekitar Mapiha bisa naik sekolah di Moanemani
untuk di antar dan dijemput ,dan demikian pun juga pelajar dari Moanemani bisa
turun sekolah di Mapia. Namun demikian
itu pun juga perlu diharuskan,yakni setiap Kepala Sekolah serta staf gurunya
harus mengadakan seleksi dua kali dalam satu tahun,sesuai dengan dibidang dan
kemapuan mereka yang telah diperoleh para didiknya.
Misalnya para didikmu, dia menang atau juara
dalam salah satu bidang umpama Bahasa Inggris, Matematika , berarti jangankan
dia sekolah disitu , tetapi hmusti di sekolahkan di luar , sepertinya di
Sentani Sekolah Bahasa Inggris , Post VII,jalan Sosial Aatas Sentani_ Jayapuara
. Atau di bidang matematika jangankan
dia sekolah disitu lagi, melainkan musti disekolahakn di luar misalnya SMK
Pengerbangan di Sentani. Itulah solusi dan kesempatanya bagi anak dan guru
serta pemerintah menjadi kompleks untuk membangkitkan pendidikan yang telah
jatuh dari mata dana pendidikan.
Pendidikan
itu solek bagi siapa dia yang hendak membuka cendela kualitas pendidikan dan
dari kekuatan itu untuk membangunan pembangunan pendidikan di Negerinnya. Oleh karena itu, kini Kami Mahasiswa sekota
study Jayapura melihat dengan kacamata mata normal kepada dana pendidikan di
Kab Dogiyai tidak mengadakan etikat baik terhadap kualitas pendidikan di lingkungan
Dogiyai. Justrunya hal itu, maka buat Kami Mahasiswa se Kota Study
Jayapura menjadi kecewa karena kualitas pendidikan Dogiyai sedang jatuh di mata
dana pendidikan Dogiyai.
Fidusia
mengenai Dana pendidikan dan pengelolaan dana pendidikan Kab Dogiyai tidak sama
dengan Kabupaten-kabupaten lain yang sedawal dengan Kabupaten Dogiyai. Karena Kabupaten lain, mereka membangunan
pembangunan kualitas pendidikan sangat menjol di dunia pendidikan. karena di ganjari etikat baik dengan Kepala sekolah
kepada guru-guru staf dan guru-guru honoler.
Sepertinya Kabupaten Nduga,
Yahukimo serta beberapa kabupaten yang lain di Pegunungan Tengah Papua
mereka sudah progresif kualitas untuk membangun pendidikan di daerahnya.
Namun
sehingga itu, diantaranya Pemerintah Kabupaten Nduga, dia selalu mengadakan
fungsi untuk kontor kualitas pendidikan di tiap-tiap sekolah,yakni senjang
Sekolah Dasar hingga Sekolah Mengenah Atas bahkan juga Kuliah, Pemerintah Nduga
senantiasa mengontror melalui pengujia sesuai dengan bidang yang anak-anak
negeri Nduga telah di perolehnya. Sehingga melalui dasar itu, dan diantara anak
negeri Nduga itu, siapa dia yang meraih atau juara dalam pengujian tersebut selaras
dengan bidangnya, Pemkab Nduga betindak
untuk mereka disekolahkan di luar Negeri.
Namanya itulah pemerintah, yang dipeduli dengan pendidikan, dan kualitas
untuk membangun pendidikan atas dasar dana pendidikan yang telah
diselenggarakan oleh Pemerintah pusat. Kami dari mahasiswa se asal Kabupaten
Dogiyai, kini berstudy sekota study Jayapura, menjadi sukma hati, Karena kami
melihat kemajuan atau progresif pendidikan di Kabupaten-kaputen yang lain, dan
kami ditinjauh kembali lagi demi perkembangan pendidikan di Kabuapaten ,Dogiyai
harus membuka mata membangkitkan potensi dan memulihkan untuk demi kepentingan
kedepan kita bersama.
PENULIS ADALAH YULIANUS
EDOWAI,MAHASISWA
UNIVERSITAS
CENDERAWASIH
FAKULTAS HUKUM
KAMPUS BARU PERUMNAS
III WAENA
0 Response to "PENDIDIKAN DOGIYAI MULAI JATUH DI MATA DANA PENDIDIKAN"
Posting Komentar